Contoh Proposal

| Minggu, 29 Mei 2011
Malang, 1 Mei 2008
Nomor : -


Perihal : Perkenalan & Penawaran Usaha

Lampiran : -

KEPADA YTH.

Bapak/Ibu

Tempat

Dengan hormat,

Pertama-tama perkenankan kami dari FIXED Information Technology yang berada
di bawah manajemen IAN GROUP untuk memperkenalkan diri kami kepada
bapak/ibu sekaligus mengajukan penawaran yang dapat dijadikan sebagai Mitra-
Kerja perusahaan yang bapak/ibu pimpin. FIXED Information Technology
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan
Teknologi Informasi (IT).

Adapun latar belakang yang mendasari penawaran kami adalah sebagai berikut :

1. Pada saat ini Indonesia sudah memasuki era globalisasi yang mana pekerjaan
rutinitas ataupun tidak yang umumnya dilakukan dengan caracara tradisional
dan kurang efisien semakin berubah menuju pekerjaan yang berbasis sistem
komputerisasi yang efisien, sehingga persaingan bisnis yang sangat ketat saat
ini menuntut adanya alat bantu atau sistem pekerjaan yang mudah, cepat, tepat,
akurat, dan efisien.

2. Banyaknya kebutuhan dan perubahan sistem kerja perusahaan yang dapat
menghasilkan struktur dan tatanan pekerjaan menjadi rapi dan efektifitas yang
tinggi.

3. Adanya kemajuan teknologi informasi memungkinkan penyusunan dan
pengaturan pola kerja yang tertata dengan baik dan rapi memungkinkan
penyajian, pencarian, dan pengecekan data internal perusahaan selalu siap
kapanpun dibutuhkan sehingga tidak lagi dibatasi oleh waktu.

4. Dengan bantuan kemajuan teknologi informasi dapat diciptakan sistem terpadu
yang dapat membantu pengelolaan pekerjaan dalam dunia usaha.

5. Teknologi informasi dapat membantu menghemat penggunaan kertas
(paperless) dalam penyimpanan arsip karena penyimpanan arsip sudah dalam
bentuk file yang dikemas dalam media digital sehingga arsip dapat bertahan
lama dan terstruktur.

LINGKUP LAYANAN

FIXED Information Technology dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang
berhubungan dengan teknologi informasi, antara lain service dan maintenance
komputer, installed computer, installed new program, instalasi jaringan dan juga
pengadaan komputerkomputer. Kami pada dasarnya menerima segala permintaan
yang berhubungan dengan IT.

Ruang lingkup usaha kami saat ini yaitu:

1. Maintenance Support and Services
2. Networking Maintenence and Installation
3. Web Design
4. Hardware and Software Computer Procurement

Perusahaan IT kami ini juga mendukung keputusan pemerintah bahwa Indonesia
saat ini yang sudah menerapkan otonomi daerah sedang menggalakkan
implementasi IT di segala bidang pekerjaan dalam dunia usaha, baik institusi
pemerintahan daerah, institusi pemerintahan pusat, institusi pendidikan, institusi
transportasi, kedokteran, dan bidang usaha yang lainnya. Di masa era globalisasi
sekarang ini sistem komputerisasi yang efisien waktu dan biaya sangat banyak
dibutuhkan bagi dunia usaha. Untuk itu perkembangan teknologi informasi selalu
berwawasan pada kebutuhan saat ini dan masa depan.

MAINTENANCE SUPPORT AND SERVICE

Maintenance support yaitu sIstem perawatan komputer baik hardware maupun
software yang dilakukan secara berkala dengan tujuan agar komputer PC
berjalan stabil, cepat, aman dan terhindar dari berbagai masalah yang
mengganggu pekerjaan dalam perusahaan di komputer. FIXED Information
Technology sebagai perusahaan jasa dan perdagangan IT dapat memberikan
layanan maintenance support untuk hardware dan software komputer PC.
Dalam hal maintenance support FIXED Information Technology membagi
pekerjaan ini menjadi 2 bagian:

1. OnSite (sesuai kontrak)
2. OnCall (sesuai panggilan/permintaan)
Maksud dan Tujuan

Tujuan dari adanya maintenance support disini adalah untuk membantu pihak
manajemen perusahaan dalam mengantisipasi permasalahan seputar bidang
komputer. Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan performance, efektifitas
kerja, dan memungkinkan juga efisiensi biaya.

Di dalam perkembangan dunia usaha saat ini sistem komputerisasi sudah
sangat dibutuhkan sekali baik bidang pekerjaan yang kecil maupun yang besar.
Semua pihak sudah harus memenuhi tuntutan zaman yang menuntut semua
pihak dan bidang pekerjaan dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu
pekerjaan yang efisien untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kontrak Kerja

Pekerjaan Maintenance Support and service dilaksanakan berdasarkan kontrak
kerja antara FIXED Information Technology dengan pihak customer dengan
masa kontrak kerja yang sudah ditentukan sebagai berikut:

1. Minimal 6 bulan atau 1 tahun (Jangka Pendek)
2. Lebih dari 1 tahun (Jangka Panjang)

Setelah tercipta adanya kesepakatan kontrak kerja yang dituangkan di dalam
perjanjian kontrak kerjasama, barulah terwujud akan adanya pekerjaan
maintenance support.

Waktu Pelaksanaan Kerja

Dalam pelaksanaan maintenance support di lapangan, FIXED Information
Technology akan mengirimkan staf teknisi berjumlah 1 (satu) atau lebih ke
tempat customer untuk melakukan pekerjaannya. Pekerjaan maintenance
support dilakukan pada hari/tanggal sesuai dengan kontrak kerja atau
disesuaikan dengan waktu yang memungkinkan bagi calon customer (kecuali
Hari Libur Nasional, akan diganti hari lain). Apabila dalam jadwal pelaksanaan
maintenance support terdapat hari libur nasional, kami turut libur pula kecuali
untuk kasus-kasus tertentu.
Pekerjaan maintenance support berlangsung selama sekali/beberapa kali dalam
se-minggu/bulan/tahun(sesuai kontrak kerja) dan setiap kunjungan pekerjaan
memakan waktu selama ± 1-3 jam. Banyaknya kunjungan ditentukan sesuai
dengan kontrak kerja yang disepakati.
Dokumentasi Kerja
Dalam melaksanakan setiap pekerjaan maintenance support staf teknisi wajib
membawa surat tugas bekerja, dan setelah melakukan pekerjaannya wajib
mendokumentasikan hasil perkerjaannyatersebut ke kantor agar memiliki arsip
yang sewaktu-waktu akan diperlukan.

NETWORKING MAINTENENCE AND INSTALLATION

Saat ini perusahaan kami juga melayani permintaan akan instalasi dan
perawatan jaringan kantor yang meliputi hal perkabelan, setting, pengadaan
hardware, sistem jaringan yang dibutuhkan, dan hal lain yang berkaitan dengan
jaringan (network). Dalam hal network ini pula kami juga bermitra dengan
beberapa mitra kami yang telah berpengalaman khusus di bidang networking.
Karena hal ini pula kamipun menyadari bahwa service bidang computer network
mempunyai nilai yang berpotensi baik untuk saat ini dan masa mendatang.

WEB DESIGN

Dunia internet di Indonesia mengalami kemajuan begitu pesat. Banyak sekali
perusahaan-perusahaan baik di bidang jasa dan perdagangan yang
mengiklankan usahanya melalui web. Dengan perkembangan ini maka FIXED
INFORMATION TECHNOLOGY siap untuk melayani pembuatan desain web
(web design) sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

HARDWARE AND SOFTWARE PROCUREMENT

Selain layanan-layanan yang telah kami sebutkan diatas, FIXED Information
Technology juga melayani permintaan akan pengadaan hardware dan software
computer guna memenuhi kebutuhan customer akan komputer. Kami bertekad
untuk memenuhi kebutuhan customer akan hardware dan software computer
yang memiliki performa baik, kualitas baik dan berfungsi sesuai keinginan para
customer kami. Untuk itu dalam hal pemenuhan kebutuhan pengadaan hardware
dan software, kami telah siap untuk pekerjaan tersebut dan tidak akan
sembarangan dalam memilihnya.

OUR CUSTOMER

Dengan tidak melebih-lebihkan kata-kata, saat ini telah ada beberapa perusahaan
yang telah menggunakan jasa layanan kami antara lain:

• Happy Suzy Restaurant, Surabaya (Wireless Internet)
• Supermarket Rosalina, Ngoro Mojokerto (Database Kasir)
• Poli Tekhnik Keperawatan Kesehatan (AKPER), Jl. Ijen Malang (Internet
Network)

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, kami yakin perusahaan
bapak/ibu dapat bergerak maju dan berkembang dengan pesat. Hal ini kami
sampaikan karena menurut pandangan kami, kami dapat dan mampu untuk
membagi beban pekerjaan yang berhubungan dengan tugas dan kegiatan kami
sehari-hari sebagai perusahaan jasa dan perdagangan di bidang IT. Hal ini karena
personil-personil kami yang tergabung dalam FIXED Information Technology
memiliki skill yang mendukung di bidang IT tersebut.
Untuk itu izinkanlan kami FIXED Information Technology mengajukan penawaran
yang bergerak di bidang IT seperti hal-hal yang tersebut diatas untuk dapat dijadikan
bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Demikianlah hal yang dapat kami sampaikan, sambil menunggu informasi bapak/ibu
lebih lanjut. Besar harapan kami, agar bapak/ibu dapat bekerja sama dengan kami
untuk memenuhi kebutuhan perusahaan bapak/ibu.

Akhir kata atas perhatian, bantuan, dan kerjasama yang baik dengan segala
kerendahan hati kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
FIXED Information Technology
IAN GOUP
MANAGING DIRECTOR

Proposal

| Senin, 09 Mei 2011
PENGERTIAN PROPOSAL

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan
hal yang perlu diperhatikan dalam membuat proposal:

JENIS-JENIS PROPOSAL

Berdasarkan bentuknya, proposal dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: proposal berbentuk formal, semiformal, dan nonformal. Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu: 1) bagian pendahuluan, yang terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan; 2) isi proposal, terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya; 3) bagian pelengkap penutup, yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
Proposal semiformal dan nonformal merupakan variasi atau bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti proposal bentuk formal.

SYARAT-SYARAT PROPOSAL

1) Proposal harus jelas manfaatnya
2)dapat dipertanggungjawabkan
3)proposal memiliki manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain





Source : http://indonesialanguage.blogspot.com/2008/03/materi-bahasa-indonesia_07.html

Laporan

|
PENGERTIAN LAPORAN
MACAM-MACAM LAPORAN

1. Laporan Untuk Level Manajemen Yang Berbeda
  • Laporan Berhirarki
Laporan yang dibuat untuk masing-masing level manajemen untuk menerima informasi sesuai dengan permintaan khusus, tanpa memberikan detail yang tidak relevan. Para eksekutif akan melihat trend, kecenderungan, dan pola-pola dari laporan tersebut. Mereka ingin mengetahui apakah masing-masing bagian sudah mencapai tujuan. Ada dua macam laporan berhirarki :

  • Filter Report :
Laporan yang dirancang untuk memfilter elemenelemen data yang dipilih dari database, sehingga pengambil keputusan akan memperoleh laporan yang sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya data difilter pada level atas.
  • Responsibility Report :
Laporan yang dibuat untuk memutuskan siapa yang bertanggungjawab terhadap suatu laporan, apakah CEO, manajer pemasaran, atau spesialis media, dll.


2. Laporan Yang Membandingkan Data
Laporan ini dibuat untuk membantu manajer dan user lain dalam memilih dua atau lebih item untuk menyusun kesamaan atau ketidaksamaan (perbedaan). Dengan perbandingan ini, user berada pada posisi terbaik untuk membuat keputusan yang rasional. Ada tiga macam laporan yang membandingkan data :

  • Horizontal Report
Neraca dan laporan rugi laba menunjukkan laporan keuangan periodik yang meringkas ribuan transaksi dan elemen data menjadi output untuk beragam user. User akan memperoleh gambaran yang jelas dengan melihat perbandingan pada laporan. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang horizontal report. Jumlah setiap item dibandingkan dengan item yang berhubungan pada satu atau lebih laporan sebelumnya.

  • Vertical Report
Laporan yang membandingkan suatu bagian komponen dengan totalnya.

  • Counterbalance Report
Setiap situasi dibandingkan dalam laporan. Contohnya, skenario yang terburuk, layak, dan terbaik dapat membantu para perencana menilai proyek-proyek yang berisiko, juga informasi berharga bagi para eksekutif dalam pengambilan keputusan.



3. Laporan Untuk Monitor Variansi Data

  • Variance Report
Laporan yang dibuat untuk membandingkan standard dengan hasil aktual yang diperoleh. Biasanya laporan ini dibuat sesuai dengan waktu atau selesainya suatu proses.

  • Exception Report
Laporan ini seperti variance report, tetapi beberapa kuota atau batasan dibuat untuk suatu proses atau aktivitas. Laporan ini dibuat hanya ketika beberapa proses atau aktivitas tidak sesuai dengan batasan atau kuota.

FUNGSI LAPORAN

Secara singkat dapat dirumuskan bahwa laporan mempunyai fungsi informasi, fungsi pengawasan, pengambilan keputusan, dan fungsi pertanggung jawaban.

SISTEMATIKA LAPORAN

Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan
(mengapa kita mengamati Pengolahan Manisan Rumput Laut)
B. Tujuan Pengamatan
(untuk apa kita mengamati Pengolahan Manisan Rumput Laut)
C. Kegunaan Pengamatan
(apa gunanya kita melakukan pengamatan, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang ain)
Bab II. Pengolahan Manisan Rumput Laut
(disini dibahas mengenai cara pengolahan (termasuk bahan-bahan untuk pembuatan manisan, alat-alat yang digunakan, berapa biaya yang diperlukan dll), hasil dari pengolahan, pemasaran, siapa yang membelinya dan lain-lain yang menurut anda berhubungan dengan pengolahan manisan rumput laut.
Bab III. Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
(ringkasan dari pengamatan)
B. Saran
(ditujukan untuk pembuat manisan, dan untuk penulis laporan)
Daftar Pustaka (daftar sumber-sumber dari buku,majalah,koran dll)
Lampiran-Lampiran (catatan-catatan yang kita peroleh dari orang yang kita teliti seperti daftar harga bahan-bahan pembuat manisan, dan lain-lain yang dikeluarkan oleh pembuat manisan)

Source : http://eprints.undip.ac.id/1737/