Teknologi Wireless : Bluetooth

| Sabtu, 29 Oktober 2011
BLUETOOTH

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi jarak pendek. Sebuah perangkat Bluetooth dapat menghubungkan hingga tujuh perangkat Bluetooth lain untuk menciptakan Area Network Nirkabel Pribadi (WPAN). Ini spesifikasi teknis dijelaskan oleh Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) standar 802.15.1. Perangkat Bluetooth mampu menangani suara, musik, video, dan data dan secara ideal cocok untuk menghubungkan perangkat berikut:

Laptop
Printer
Kamera
PDA
Ponsel
Hands-free headset

*INFRAMERAH
Inframerah (IR) teknologi nirkabel adalah daya rendah, jarak pendek teknologi nirkabel. IR mentransmisikan data menggunakan LED dan menerima data menggunakan dioda.Ada empat jenis jaringan IR:- Line of sight - Sinyal ditransmisikan hanya jika ada pandangan, yang jelas terhalang antara perangkat.
- Scatter - Sinyal memantul langit-langit dan dinding.
- Reflective - sinyal dikirim ke sebuah transceiver optik dan diarahkan ke perangkat penerima.
- Broadband optik telepoint - transmisi dapat menangani berkualitas tinggi kebutuhan multimedia.Jaringan

inframerah yang ideal untuk menghubungkan laptop untuk jenis berikut perangkat yang di dekat:
Proyektor multimedia
PDA
Printer
Remote control
Mouse nirkabel
Keyboard nirkabel

* cellular WAN
Awalnya, jaringan selular yang dirancang untuk komunikasi suara saja. Teknologi seluler telah berkembang dan sekarang memungkinkan transfer suara, video, dan data secara bersamaan. Hal ini juga memungkinkan penggunaan laptop dan perangkat portabel jarak jauh. Dengan adaptor WAN selular terinstal, pengguna laptop dapat melakukan perjalanan dan mengakses Internet.

*Wi-Fi
Teknologi nirkabel Wi-Fi IEEE 802.11 didasarkan pada standar jaringan dan spesifikasi. Jumlah 802,11 menunjukkan serangkaian standar yang ditentukan dalam dokumentasi IEEE 802.11. Oleh karena itu, istilah 802,11 dan Wi-Fi yang saling dipertukarkan.Saat ini ada empat besar 802,11 standar:

802.11a
802.11b
802.11g
802.11n

* SATELIT
Layanan satelit ini sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggalnyanya di pedesaan ataupun di daerah terpencil yang membutuhkan kecepatan tinggi, akses broadband di daerah yang tidak ada keceptan tinggi. Kneksi satelit jaringan diajurkan hanya jika koneksi kabel atau DSL tidak tersedia.
Jika anda berhubungan dengan satelit anda akan memiliki bebrapa keuntungan, yaitu:
-two-way, kecepatan tinggi akses Internet, tersedia di daerah pedesaan dan terpencil
-Kecepatan dalam mendownload
-Satellite dish yang dapat digunakan untuk mengakses TV

0 komentar:

Posting Komentar