Constuctive Cost Model (COCOMO)

| Minggu, 08 April 2012
COCOMO
(Constructive Cost Model)

COCOMO (Constructive Cost Model) dikembangkan pada tahun 1981, oleh Barry Boehm memperkenalkan hirarki model estimasi PL dengan nama COCOMO, Barry Boehm mendesain COCOMO untuk memberikan estimasi / perkiraan jumlah Person-Months untuk mengembangkan suatu produk software.

COCOMO pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981 Barry Boehm W. ’s Book ekonomi Software engineering sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Proyek ini berasal pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace dimana Barry Boehm adalah sang Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981.

Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris kode, dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I. Proyek-proyek ini didasarkan pada model pengembangan perangkat lunak waterfall yang merupakan proses software umum pembangunan di 1981.

COCOMO model, yaitu suatu model parametris pengestimasian yang menghitung jumlahFP dalam perencanaan serta pengembangan perangkat lunak, mengenal tiga macampengimplementasian dalam evolusinya sejak dari awal kejadiannya hingga kini, yaitu :

A. Basic COCOMO

- Menghitung estimasi dari jumlah LOC(Lines Of Code)

B .Intermediate COCOMO

- Menghitung dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yangberpengaruh langsung kepada proyek), seperti: perangkat keras, personal, danatribut-atribut proyek lainnya.

-Mempergunakan data-data historis dari proyek-proyek yang pernah menggunakan COCOMO I, dan terdaftar pengelolaan proyeknya dalam COCOMO database

C. Advance COCOMO

-Memperhitungkan semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers ” dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dsb) dalam siklus hiduppengembangan perangkat lunak.

Source :
http://en.wikipedia.org/wiki/COCOMO
http://www.scribd.com/doc/49646935/COCOMO

0 komentar:

Posting Komentar