Uji Singkat Asrock Z77 Extreme 4 Gen 3

| Senin, 09 April 2012
Test Singkat Asrock Z77 Extreme 4




Asrock menampilkan jajaran produk mereka yang terbaru. Kali ini Asrock mengeluarkan sebuah mainboard baru berserikan Asrock Z77 Extreme 4 yang merupakan penerus dari Z68 Extreme 3. Motherboad ini mendukung jajaran prosesor intel terbaru dengan code name “Ivy Bridge” namun masih mendukung intel “Sandy Bridge”.




Fiture yang ditawarkan cukup menarik diantaranya Xfast 555 Technology.
Teknologi ini dibagi ke dalam 3 fungsi yaitu Xfast LAN, Xfast RAM, Xfast USB. Xfast LAN memungkin mengecilkan waktu tunggu ketika bermain game online dalam prioritas tinggi sehingga para gamer tidak lagi perlu menunggu loading yang
cukup lama, Xfast RAM adalah teknologi yang memungkinkan motherboard ini mampu membuat virtual disk dari memory RAM untuk meningkatkkan performa, contoh yang diberikan di web adalah pembukaan photoshop yang di klaim 5 x lebih cepat disbanding motherboard seri sebelumnya. Xfast USB memungkinkan pembacaan flashdisk dan sejenisnya menjadi lebih cepat.



Fiture lain yang ditawarkan oleh Asrock di seri terbarunya adalah adanya Virtu MVP dimana grafis yang dimiliki prosesor digunakan untuk membantu kartu grafis terintegrasi untuk mengolah grafis sehingga memungkinkan adanya peningkatan fps pada saat bermain game. Teknologi terbaru ini juga mampu memberikan efek visual vsync sehingga fps yang terlimit di 60 ketika vsync hidup bisa meningkat limitasinya menurut penjelasan di website asrock .





Motherboad terbaru dari asrock terlihat sangat menarik dibalut dengan warna hitam pekat ditambah dengan 100% Solid Gold Capasitor menjadikannya sangat nyaman bila dipandang mata apalagi dengan adanya penambahan Digi Power untuk membuat tegangan pada prosesor lebih stabil pada saat user melakukan overclocking dan tidak lupa juga asrock ini sudah dilengkapi dengan PCI-E GEN3 yang akan mempercepat transfer jalur bandwith pada vga yang sudah mendukung teknologi ini.



Bagian belakang asrock terdapat 4 buah port USB 3, 2 buah port USB 2, jack audio, LAN cable, tombol clear cmos yang memudahkan kita melakukan reset bios apabila terjadi kegagalan load system akibat overclock dan sejenisnya, kemudian juga terdapat 1 port DVI , Dsub, dan HDMI untuk penggunaan onboard graphic card dari IGP intel .


Unboxing Asrock Z77 Extreem 4



Tampilan terbaru kemasan dari produk asrock Z77 Extreem 4. Terlihat sekali kemasan produknya sangat apik dan terlihat sangar.



Kelengkapan yang didapat sebenarnya cukup ada backplate kabel sata 3, driver, SLI bridge, buku panduan. Cukup worth lah mengingat harga yang ditawarkan juga cukup extreme seperti namanya dikisaran 1,5 – 1,6 juta rupiah.








Keliatan banget ya mewahnya dengan budget yang worth it banget, gold solid caps, heatsink, lumayan besar sih menurutku, kalo extreme 6 ada heatpipenya dia. Dan sli/crossfirex support sampe three way. Maaf niyh brother port kabel satanya lupa ke foto








Dari gambar bisa dilihat adanya debug led yang memudahkan user apabila terjadi trouble maka akan muncul kode debug pada debug led yang tersedia. Selain itu juga bisa dilihat adanya tombol power dan reset yang sangat bermanfaat sekali bagi user yang ingin meletakkan mobo ini tanpa casing. Keren dan cool abizzz. Dari gambar bisa diliat juga tuh ada front usb 3 . maaf ngambil gambarnya kepotong buru-buru kamera minjem soalnya.


Bios Asrock Z77 Extreem 4








System Test




Hardware



a. Intel Core I5 2500K @4,8 Ghz
b. Asrock Z77 Extreem 4
c. Gskil RipjawsX CL 9 PC 12800
d. MSI Geforce GTX 480 Lightning
e. Enermax NAXN 850 W


Software



a. Operating Sytem Windows 7 64 Bit Service Pack 1 Latest Update.
b. Cyberlink Mediaexpresso trial
c. 3D mark vantage
d. 3D mark 11
e. Battlefield 3


Hasil Test


Cyberlink Media Espresso



Kemampuan mengkonvert file video 720P ke format apple phone berdurasi 23 menit 54 detik menjadi sangat cepat apabila Lucid MVP di enable. Terlihat waktu yang dibutuhkan lebih rendah pada balok berwarna merah


3D Mark 2011



3D Mark Vanttage



Battlefield 3 MVP Enable



Battlefield 3 MVP Disable



Kesimpulan



Positif :

a. Harga sangat terjangkau 1,56 Juta
b. Premium Gold Caps
c. Digi Power Design, 8 + 4 Power Phase Design
d. Supports Dual Channel DDR3 2800+(OC)
e. Combo Cooler Option (C.C.O.)
f. Lucid MVP
g. Asrock Xfast 555
h. Fiture OC eyecandy
i. UEFI Bios Terbaru
j. Dukungan PCIE Gen 3
k. Debug Led
l. Power + Reset Button On the board

Negatif :

a. Paket penjualan apa adanya mengingat harganya yang terjangkau
b. Ada bug di lucid MVP dimana FPS unigine heaven 3 drop saat aktif
c. Beberapa menu bios tidak bisa diubah diantaranya turbo boost, setting latency ram tidak bisa dilakukan secara manual hanya berubah jika mengaktifkan xmp mode
Overall mobo ini adalah mobo pilihan terbaik bagi para mainstream gamer, best choice, best performance at all.
Terimakasih sudah melihat review ini


Lampiran






0 komentar:

Posting Komentar